Penangkal petir biasa dipasang pada bangunan-bangunan agar petir tidak merusak bangunan. tetapi bagaimanakah cara kerja Penangkal petir, menarik dan Menyalurkan petir ke tanah?

Sebenarnya alat anti petir ini bukanlah sebagai pencegah datangnya petir, melainkan menangkap petir. Petir terjadi karena adanya muatan listrik pada awan. Awan sendiri mengandung titik-titik air yang selalu bergerak.

Pergerakan ini kemudian memunculkan muatan listrik. Listrik bermuatan negatif berada di bagian bawah awan, sedangkan bagian atas awan bermuatan positif.

Saat muatan listrik negatif yang tadi terletak di bagian bawah awan sudah mencukupi, maka muatan listrik positif dari tanah akan tertarik ke ujung batang penangkal petir. Pertemuan kedua muatan ini menghasilkan aliran listrik berupa petir, yang kemudian di alirkan ke dalam tanah melalui kabel konduktor dan petir tidak mengenai bangunan.


Berapa radius aman untuk pemasangan penangkal petir?

Radius aman penangkal petir minimal dimulai dari 50 meter area tangkapan artinya bila anda memesan penangkal petir radius dengan tipe 50 meter radius tangkapanya yang setiap tipe dan model serta merk penangkal petir elektrostatis menawarkan dengan kelebihan masing masing.

Dalam setiap tabel radius perlindungan yang ditentukan dalam brosur, biasanya daftar jarak perlindungan standar dan jarak radius dari tingginya letak head penangkal petir. Beberapa bahkan tercantum dalam brosur radius penangkal petir berdasarkan tingkat tertentu, ini tergantung pada bagian serta struktur bangunan atau area yang akan dilindungi.

Selain dari itu, posisi kepala terminal petir yang semakin tinggi juga mempengaruhi dan menentukan radius jangkauan penangkal petir yang dimulai dari letak terminal penangkal petir atau unit anti-petir bagian paling atas top head.

Cara Kerja Penangkal Petir

Leave a Reply